Sabtu, 12 Juni 2010

Software Integrated Mac OS X, Windows & Linux

Berikut ini adalah beberapa produk dari perusahaan-perusahaan software virtual machine yang menjadi favorite para developer di dunia :

1. Virtual Box
Virtual Box adalah salah satu software Virtualisasi yang dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi lain. Misalnya saya melakukan instalasi VirtualBox pada openSUSE, saya bisa menggunakan VirtualBox pada openSUSE untuk menjalankan sistem Windows atau distro Linux lainnya. Fungsi ini sangat penting jika kita ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi maupun melakukan testing suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Saya bisa mencoba Windows atau Ubuntu atau Fedora atau Red Hat tanpa harus melakukan install ulang openSUSE yang saya gunakan. Aplikasi dengan fungsi sejenis lainnya adalah VMWare dan Microsoft Virtual Server.

Download VirtualBox untuk Linux dari http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

2. VMware
VMWare adalah aplikasi untuk membuat mesin OS berjalan secara bersamaan dalam suatu mesin OS (atau bahasa mudahnya adalah OS dalam OS), nah OS yang didalam OS ini disebut sebagai Mesin Virtual.















Macam-macam produk dari VMware :
  1. VMWare Workstation adalah software untuk virtual machine yang compatible dengan komputer Intel x86. Software ini memungkinkan pemakai untuk membuat satu atau lebih virtual machine dan menjalankannya secara serempak. Masing-masing virtual machine dapat menjalankan guest operating system-nya sendiri seperti Linux, Windows, BSD, dan lain-lain. Tetapi software ini tidak dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain.
  2. VMWare Server sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan VMWare Workstation. Tetapi dibandingkan dengan VMWare Workstation, VMWare Server mempunyai kelebihan yaitu dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain. VMWare Server juga dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh Microsoft Virtual PC.
  3. VMWare Player adalah software yang digunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare lainnya. Tetapi software ini tidak dapat mebuat virtual machine sendiri.
3. Microsoft Virtual PC
Microsoft Virtual PC adalah sebuah program virtualisasi yang dijalankan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga dapat dijalankan di atas komputer Apple Macintosh berbasis sistem operasi Mac OS.













sumber :
1. http://anton-ak.blogspot.com/2008/07/sekilas-tentang-vmware.html
2. http://vavai.com/v2/2008/12/setup-virtualbox-pada-opensuse-bagian-1/
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Virtual_PC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar